Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Download Citra Landsat Dari USGS


United States Geological Survey (USGS) merupakan tambang emas bagi para pencari data sains geospasial secara gratis. Kita dapat mendownload berbagai macam citra satelit seperti landsat, Terra dan Aqua. Biasanya, citra yang kita dapatkan di internet telah diproses secara lanjut untuk menciptakan citra dengan kualitas yang bagus. Namun sayangnya, data tersebut dibatasi hanya untuk penelitian ilmiah. Untungnya, USGS menyediakan citra-citra tersebut namun dengan kualitas yang tidak sebagus citra yang telah diproses.
Untuk mendownload data dari situs USGS, kita perlu melengkapi pendaftaran untuk akun gratis. Bila kita telah memiliki sebuah akun, gunakan akun tersebut. Setelah melakukanpendaftaran, lakukan log in dengan menggunakan username dan password yang kita gunakan pada saat mendaftar tadi. Kita dapat menutup jendela log in, tapi jangan log out dulu sampai proses download data selesai.

Download Data Landsat menggunakan USGS Global Visualiation Viewer (GloVis)

Glovis merupakan suatu tool untuk menampilkan, menyeleksi dan memesan data dari berbagai koleksi citra satelit yang dimiliki USGS. Keuntungan dari situs ini adalah tersedianya data untuk seluruh spectral yang diproduksi oleh si satelit.

Glovis memungkinkan kita untuk melakukan peninjauan terhadap scene yang kita inginkan ( dan delapan scene lain yang mengelilinginya) dengan memasukkan nomor path dan row atau lintang dan bujur dari kenampakan yang ingin kita download. Scene Information menunjukkan Scene-ID, persentase tutupan awan dan identifikasi lebih lanjut berdasarkan tanggal pengambilan.

Berikut rincian tahapannya:

Lakukan registrasi terlebih dahulu di https://earthexplorer.usgs.gov/register/

Gambar 1. Tampilan registrasi di Earth Explorer USGS

Kemudian aktivasi akun melalui link yang dikirim ke email pendaftaran.
Setelah registrasi berhasil, masuklah ke http://glovis.usgs.gov/ untuk memilih area dan data citra yang akan di download. (memerlukan aplikasi Java)

Gambar 2. Tampilan halaman download citra

Pemilihan lokasi dapat dilakukan baik dengan menggunakan peta yang tersedia di kiri atas, ataupun dengan memasukkan nomor row dan path atau koordinat lintang dan bujur dari lokasi yang akan di download.
Kemudian pilihlah jenis data citra yang akan didownload dengan mengklik Collection yang ada di pojok kiri atas.
Gambar 3. Pemilihan data citra

Pilih koleksi yang tersedia, misalnya L7 SLC-on (1999-2003), lakukan pemilihan kriteria seperti tutapn awan maksimal (Max. Cloud) dan waktu pengambilan citra.
Lalu klik Add > Send to Cart
 
Gambar 4. Konfigurasi download

Lalu kita akan diarahkan ke link lain untuk melakukan login. Loginlah menggunankan akun yang telah diregister sebelumnya. Klik Sign In.

 
Gambar 5. Halaman Log In USGS

Kemudian akan muncul tampilan berikut
 
Gambar 6. Persiapan Download

Klik pada gambar  yang ada di sebelah kanan. Maka akan muncul tampilan berikut

 
Gambar 7. Pemilihan jenis data yang didownload

Pilihlah data yang akan didownload sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan.
Tunggu sampai proses download selesai. (Penulis memakai IDM)
Gambar 8. Proses Download

Download berhasil, citra dengan format TIFF dan dalam band masing-masing telah tersedia.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BLOG GEO'S
Tambah Yuk
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Download Citra Landsat Dari USGS dan anda bisa menemukan artikel Cara Download Citra Landsat Dari USGS ini dengan url http://laminer10science.blogspot.com/2012/10/cara-download-citra-landsat-dari-usgs.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Download Citra Landsat Dari USGS ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Download Citra Landsat Dari USGS sebagai sumbernya.


Artikel Terkait:

 
© 2012 Blogger Template powered by Blogger.com | |