Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 07 November 2012

Peta Online di Arcgis dan Geospasial Untuk Negeri


Dengan perkembangan teknologi saat ini yang begitu pesat membuat segala sesuatunya lebih mudah. Termasuk Membuat peta yang tanpa memerlukan setup ataupun install software GISnya gunakan saja platform Arcgis online. Apa itu Arcgis Online? yaitu satu sistem di mana kita boleh mengatur peta, data-data, aplikasi dan berbagai keperluan masalah geografi utamanya peta yang dapat di akses di mana saja melalui internet. Peta yang anda buat melalui ArcGIS Online ini anda boleh share dan masukkan ke dalam blog anda ataupun mungkin melalui laman web pribadi anda. Katakanlah anda ingin berbagi data-data GIS anda dengan pengguna lain melalui internet, atau mungkin anda ingin membuat satu laman web aplikasi GIS yang ringkas yang boleh dicapai di mana-mana saja melalui internet browser, komputer desktop ataupun melalui mobile device anda, maklum sekarang ini zamannya smartphone kan??

Kalau anda berminat menggunakan ArcGIS Online ini, syaratnya anda perlu register dulu user anda. Anda mempunyai pilihan create user anda  sebagai akun ArcGIS Subscription ataupun sebagai Personal Account saja. Kalau Personal Account itu gratisan, tentunya yang namanya gratisan jelas dari segi fungsi-fungsi yang anda boleh buat dalam webpage anda nanti tidak selengkap yang berbayar. Kalau anda ingin melihat detail perbandingan Subscription dan Personal Account, boleh klik link disini.
Untuk access ArcGIS Online, di www.arcgis.com browser internet anda atau klik link ini. Kemudian klik pada link Sign In. Register dulu akaun anda.  Selepas anda log in, klik saja pada link Make a Map >> . Anda akan dapat tampilan seperti di bawah ini.

(Maps Arcgis Online) 
(Maps Geospasial Untuk Negeri)


Ataupun bisa juga daftar di Geospasial untuk Negeri dari Bakosurtanal dengan alamat http://maps.ina-sdi.or.id.
Berikut adalah tahapan utnuk membuat peta online di Geospasial untuk Negeri:
  1. Buka website http://maps.ina-sdi.or.id (menggunakan Geospasial untuk Negeri dari Bakosurtanal / BIG)
  2. Click menu Sign in, jika sudah terdaftar maka masukkan user dan password dan click tombol Sign in. Jika belum terdaftar maka click tombol Create an account, dan selanjutnya isi form yang diminta dan lanjutkan dengan Sign in.
  3. Setelah Sign in maka akan terbuka menu utama. Untuk membuat peta click menu PETA maka akan muncul menu MyMap.
  4. Untuk menambahkan layer online click menu +Add pada bagian kiri atas, selanjutnya click menu Search for Layers. Catatan dalam format :  shapefile (sekurangnya 4 fail : shp, shx, dbf, prj dan dalam format zipfile),  delimited text file samada dalam format comma, semi-colon atau tab dan GPS data file (GPX)
  5. Click pada kolom In dan pilih ArcGIS Server.
  6. Misalnya Copy alamat service http://webgis.dephut.go.id/arcgis/rest/services/ kementerian kehutanan dan paste kolomURL: http://webgis.dephut.go.id/arcgis/rest/services/ dan click enter, maka akan muncul daftar layer yang bisa digunakan. Daftar Layer Service Online ArcGIS Server klik
  7. Click nama layer dan click Add Layer, lanjutkan dengan memilih layer lain dan kemudian click tombol Done Adding Layers.
  8. Untuk menambahkan layer online lainnya lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.  
Selamat mencoba.







1 komentar:

  1. anda bisa webGIS ga?? kalau bisa bleh minta tutorialnya/..

    BalasHapus

 
© 2016 Blogger Template powered by Blogger.com | |