Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 07 Maret 2012

Software Pengolah Data GIS dan Remote Sensing (Free)

     Beberapa perangkat lunak untuk mengolah data GIS (geographic information system) dan remote sensing bisa dioperasikan secara “gratis” tanpa harus membeli lisensi. Kemampuan nya sudah setara dengan software-software lain yang berlisensi. Dibawah ini adalah beberapa software yang bisa di coba untuk dioperasikan dalam mengolah data-data GIS.


1.    Quantum GIS
Software GIS yang tampilannya agak mirip dengan ArcGIS ini bisa didownload di : http://www.qgis.org/.
Di link tersebut tersedia juga help of manual QGIS dan blog forum pengguna bagi semua yang ingin berdiskusi dan share informasi.
2.    GRASS
Ini adalah perangkat lunak untuk mengolah data citra penginderaan jauh (remote sensing). Bisa di download di : http://grass.osgeo.org/download/index.php, dan untuk buku manualnya bisa di unduh di link :http://www.grassbook.org/, kadang dengan membuka link download QGIS, GRASS ini sudah terinstall dengan atomatis. Silahkan dicoba untuk membuka fitur-fitur dasar pengolah image. Pendapat pribadi, saya agak kesulitan pada saat pertama membuka (awam), tapi bisa dicoba untuk lebih advance mengenai software yang satu ini.
3.    ILWIS
ILWIS adalah software pengolah data GIS sekaligus remote sensing dengan prinsip raster based. Dikembangkan pada awalnya oleh ITC (www.itc.nl), dan sekarang software tersebut sudah dalam kategori opensource. Bisa didownload di : http://www.ilwis.org/. Beberapa fasilitas ILWIS diantaranya adalah pengolah citra penginderaan jauh (RGB, band composit, Principle Component), olah digital data DEM (Digital Elevation Model), membuat anaglyph (tampilan 3D antara citra DEM dengan citra optic), fasilitas hydro processing pembuat drainage pattern (daerah aliran sungai) dari data DEM, dan lain-lain.
4.    RAT
RAT adalah “tikus” lambang perangkat lunak open source khusus untuk citra radar. Bisa didownload di :http://radartools.berlios.de/. Software pengolah citra radar dan aplikasinya seperti pembuatan citra radar intensity (multilook), pengolah interferometry, polarimetric radar. Semua bisa dioperasikan disini. Bagi yang suka Linux, UNIX or Mac OS X, RAT sangat compatible di dalam OS itu. Beberapa experiment bisa dioperasikan di window juga.
5.    NEST
NEST agak mirip dengan RAT yakni untuk mengolah citra radar.Software ini kembangkan oleh Badan Antarika Eropa (EOS:European Space Agency http://www.esa.int). Software ini bisa mengolah dan membaca data-data dari platform radar yang sudah terkenal seperti: Radarsat-2, Envisat, ERS-1,ERS-2, Alos PAlsar, TErraSAR. Beberapa level data juga bisa dibaca disini. Untuk lebih jelasnya mengenai fasilitas apa saja yang terdapat dalam perangkat lunak ini bisa di buka link ini : http://nest.array.ca/web/nest.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BLOG GEO'S
Tambah Yuk
Anda sedang membaca artikel tentang Software Pengolah Data GIS dan Remote Sensing (Free) dan anda bisa menemukan artikel Software Pengolah Data GIS dan Remote Sensing (Free) ini dengan url http://laminer10science.blogspot.com/2012/03/software-pengolah-data-gis-dan-remote.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Software Pengolah Data GIS dan Remote Sensing (Free) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Software Pengolah Data GIS dan Remote Sensing (Free) sebagai sumbernya.


Artikel Terkait:

 
© 2012 Blogger Template powered by Blogger.com | |